Rabu, 05 Juni 2013

MANAJEMEN EKONOMI UNIVERSITAS PAMULANG

PILIHANMU MASA DEPANMU
Assalamu'alaikuum..
Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Pamulang (UNPAM) merupakan jurusan yang banyak diminat oleh Mahasiswa/i karena memiliki prospek yang bagus dikemudian hari. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya profesi yang dibutuhkan di dunia usaha saat ini. Selain itu tuntutan untuk mendirikan usaha (wirausaha) sangat diharapkan karena kondisi perekonomian dan persaingan yang sangat ketat. Oleh karena itu, kemampuan manajemen akan menjadi fondasi untuk mewujudkan harapan tersebut.
Namun bagi Mahasiswa Manajemen hal itu juga menimbulkan kegelisahan akan konsentrasi mana yang akan ditempuh. Entah itu konsentrasi Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran atau Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM). Untuk menggeluti salah satu konsentrasi tersebut diperlukan pemahaman , tujuan, prospek, dan apa yang harus dilakukan pada konsentrasi tersebut yang diperoleh dari pakar atau ahli yang berpengalaman. 
Seperti yang dikatakan oleh banyak orang yang mengatakan bahwa sebenarnya apapun pilihanmu itu adalah yang terbaik untukmu sendiri, maka dari itu pilihlah yang memang tepat dengan kemampuan dan jangan memilih karena ikut-ikutan teman. Semua konsentrasi yang ada di Manajemen itu baik karena pada kenyataannya semua konsentrasi telah melahirkan alumni yang sukses di bidannya. 
Dalam penelitian saya di berbagai forum universitas lain, mungkin sedikit bisa menambah pemikiran anda terhadap pengambilan jurusan. Pada sesi pertama Agung Utama, M. Si mengatakan bahwa Manajemen Pemasaran adalah ujung tombak dan jantung dari perusahaan. Selain itu Ilmu yang akan di dapat dari Manajemen Pemasaran adalah trik bersosialisasi dengan konsumen, dimana pada Manajemen Keuangan dan MSDM tidak akan memperolehnya. Tidak mau kalah, pada sesi kedua, Muniya Alteza M. Si, mengatakan bahwa Manajemen Keuangan adalah kaki tangan perusahaan. Banyak anggapan bahwa Mahasiswa yang tidak bisa menghitung, jangan memilih Manajemen Keuangan, namun pernyataan itu di bantah secara tegas oleh Muniya Alteza, M. Si karena pada hakikatnya Manajemen Keuangan tidak harus pintar menghitung, asalkan teliti pasti akan bisa, tambahnya. Pada sesi ketiga, Arum Darmati, MM. mengatakan bahwa sehebat apapun pemasaran dan keuangannya, tanpa MSDM tidak akan bisa berjalan. Selain itu beliau mengatakan ilmu MSDM akan mempelajari tentang pengadaan, pengembangan, dan pemeliharaan SDM yang bertujuan untuk mengembangkan SDM yang unggul dan berkulaitas sehingga dalam perusahaan memiliki orang-orang yang hebat dalam ahlinya.
Dalam kesempatan yang diberikan, Nur Mukhlis Cahyadi, menceritakan kepada peserta mengenai pengalaman-pengalaman beliau saat masih menjadi mahasiswa. Salah satu pengalaman yang paling menarik baginya saat itu ketika mulai penjurusan konsentrasi, beliau juga kebinggungan mau memilih kemana antara Manajemen Keuangan atau Manajemen Pemasaran (saat itu belum ada MSDM), sampa-sampai setiap hari beliau mencari informasi ke dosen-dosen dan perpustakan, namun akhirnya beliau memilih konsentrasi Manajemen Keuangan karena hobinya yang senang dengan angka dan berhitung, tutur mahasiswa yang lulus dengan waktu 3,5 tahun dan cumlaude.
Nah mungkin ini bisa membantu anda dalam memilih jurusan keuangan, pemasaran, atau MSDM. Sebagai gambaran lain kita bisa melihat secara langsung kebutuhan apa yang paling dicari oleh perusahaan, kemudian dilanjutkan dengan melihat seberapa besar kemampuan kita, jika kita kurang mampu lebih baik pilih apa yang kita bisa.

4 komentar:

Unknown mengatakan...

okke

Didit dekorasi mengatakan...

Yupppzzz

Unknown mengatakan...

Gan kalo bikin pstingan jangan ngasal yak, Unpam itu itu bukan PTN(perguruan Tinggi Negeri) atau universitas negeri :) jadi jangan memberikan informasi yang HOAX atau palsu..
Sekian :)

Anonim mengatakan...

Lol universitas negeri pamulang.

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate